upaya transformasi digital

3+ Langkah Transformasi Digital yang Bisa Perusahaan Lakukan!

Mitra Berdaya – Transformasi digital merupakan hal yang seharusnya sudah mulai diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat bahkan sudah merata di negara-negara maju. Transformasi digital memudahkan perusahaan bahkan bisnis di Indonesia, bisa bersaing dengan brand lain di luar negara ini. Lantas langkah apa yang bisa dilakukan agar bisa membawa perubahan pada sektor bisnis di negara ini?

Kemajuan digital menjadi penting bagi banyak organisasi dan bisnis karena berbagai alasan yang mencerminkan perubahan zaman, tuntutan pasar, dan lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Adapun hal penting mengapa transformasi digital harus diterapkan, yakni karena adanya tuntutan pelanggan dimana konsumen modern memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pengalaman digital. Mereka menginginkan layanan yang cepat, mudah diakses.

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Transformasi Digital

source: freepik

Selain itu, penggunaan teknologi secara digital dapat meningkatkan efisiensi operasionalpada berbagai aspek bisnis, mulai dari manufaktur hingga rantai bahan baku sebuah produk bisnis. Otomatisa proses serta analisis data dapat mengurangi waktu hingga biaya pengoperasian. Jadi, perusahaan bisa lebih banyak mengalihkan biaya untuk hal lain yang lebih penting dan harus dikembangkan.

Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan kemajuan digital adalah Uber, Amazon dan Airbnb. Di Indonesia sendiri pun ada perusahaan yang sudah menerapkan perkembangan digital ini, yakni GoJeK. Dimana awal mulanya hanya berfokus pada sektor otomotif, yang menyediakan jasa layanan antar jemput bagi pelanggan yang membutuhkan supir. Perlahan-lahan GoJek melihat peluang dari kemajuan ini, hingga pada akhirnya melahirkan alternatif lain seperti GoPay yang memudahkan pelanggan untuk bisa memiliki dompet digital. Penerapan selanjutnya adalah layanan GoFood yang mana audiens bisa memesan makanan hanya melalui satu aplikasi yang di dalamnya sudah memuat fitur pembayaran dan jasa layanan antar jemput.

Baca Juga : Transformasi Digital Itu Apa Sih? Keunggulan dan Tantangannya!

3 Alasan Kenapa Transformasi Digital Penting

source: freepik

Adapun beberapa alasan yang sebaiknya Anda ketahui, mengapa perubahan digital itu sangat penting di era sekarang. Tentu, hal ini tidak jauh dan terlepas dari kemajuan teknologi yang semakin pesat bahkan membawa dampak globalisasi yang luar biasa. Tanpa basa basi berikut alasan kenapa perubahan digital itu penting!

1. Daya Saing, Akses Pasar Luas

Organisasi yang tidak menerapkan perubahan digital berisiko tertinggal dibandingkan pesaingnya. Perusahaan yang beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi baru dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisinya di pasar. Melalui transformasi digital, organisasi dapat menjajaki peluang di pasar baru, baik domestik maupun internasional. Internet menyediakan akses ke pasar yang sebelumnya sulit di jangkau.

2. Mengatasi Tantangan Perubahan, Keterlibatan Karyawan

Perubahan teknologi adalah sebuah kenyataan dan organisasi harus beradaptasi agar tetap relevan. Transformasi digital memungkinkan organisasi menjadi lebih siap menghadapi perubahan. Karyawan yang terampil dalam teknologi digital dapat bekerja lebih efisien dan memiliki lebih banyak peluang untuk berkolaborasi secara efektif. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan dan produktivitas karyawan.

3. Hemat Biaya, Menjaga Lingkungan

Meskipun investasi awal dalam kemajuan digital membutuhkan biaya yang besar, dalam jangka panjang kedepan nyatanya teknologi digital dapat mengurangi biaya operasional melalui otomatisasi, efisiensi, dan meminimalkan kesalahan manusia. Penggunaan teknologi digital dapat membantu organisasi mengurangi dampak lingkungan melalui efisiensi energi dan pengurangan limbah. Hal ini juga dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan keberlanjutan.

Artikel Lainnya : Mengintip Kebijakan Baru Data Pribadi

Langkah Transformasi Digital

Agar realisasi kemajuan digital lebih mudah untuk dijalankan oleh setiap perusahaan dalam sektor apapun, termasuk untuk bisnis yang sedang merintis. Ada baiknya Anda mulai melakukan langkah-langkah di bawah ini!

1. Meningkatkan Awareness dan Paham Urgensi Teknologi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran perusahaan pada teknologi, bahwa akan seterusnya semakin berkembang. Meningkatkan kesadaran teknologi dalam dunia usaha adalah langkah penting pertama menuju transformasi digital. Kesadaran ini dapat membantu memotivasi karyawan, pemimpin, dan seluruh organisasi untuk mengadopsi teknologi digital. Anda juga bisa melakukan identifikasi pada pemangku kepentingan utama dalam organisasi yang perlu mendukung transformasi digital. Identifikasi ini bisa dilakukan dimulai dari direktur, manajer dan karyawan biasa. Pastikan mereka memahami pentingnya transformasi digital. Selain itu sebelum menerapkan perubahan digital, perusahaan harus urgensi dari penggunaan teknologi di era saat ini karena sangatlah memudahkan pekerjaan manusia.

2. Membentuk Tim Solid untuk Implementasikan Perubahan Teknologi

Langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah membentuk tim yang solid dan kooperatif untuk mewujudkan kemajuan digital secara nyata. Anda bisa memulainya dengan para HR (Human Resource) di setiap divisi. Tujuannya adalah untuk saling berkolaborasi dan menciptakan kumpulan karyawan yang memiliki visi misi sama yakni membuat perusahaan menjadi lebih melek terhadap digital.

3. Mengadakan Training Development

Tidak hanya membuat tim yang solid dan kooperatif, perusahaan juga harus memfasilitasi karyawan dengan memberikan kelas-kelas pelatihan guna menunjang pengembangan dari keahlian yang dimiliki karyawan. Selain itu pelatihan ini berguna untuk membuat karyawan memiliki mindset yang maju dan lebih luas, sehingga ketika perubahan digital diterapkan pada perusahaan, karyawan sudah siap dengan perubahan yang ada. Dalam hal ini, karyawan bisa bersaing secara sehat dengan perusahaan lain untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan menjadi andalan konsumen.

4. Monitoring dan Evaluasi Rutin

Langkah terakhir yang bisa perusahaan lakukan untuk menerapkan perubahan digital adalah dengan monitoring setiap karyawan baik dari jabatan tertinggi hingga jabatan rendah. Hal ini memungkinkan perusahaan bisa mengetahui kinerja setiap karyawan apakah sudah sesuai prosedur atau belum. Jangan lupa juga lakukan evaluasi rutin, hal ini berguna agar upaya transformasi digital bisa berjalan dengan baik sesuai apa yang sudah direncakan sebelumnya.

Penulis: Gabriella Sabatini