ISO 27001

ISO 27001 Itu Apa Sih? Ini Manfaat dan Tujuannya!

Mitra Berdaya – Keamanan merupakan sebuah sistem yang sangat penting untuk menjaga informasi dari sebuah perusahaan, baik yang sudah lama berdiri atau perusahaan yang baru saja merintis dari nol. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan sistem yang bernama ISO 27001. Lantas sistem apakah itu? Tujuan dan manfaatnya untuk apa? Simak pembahasannya di bawah ini yuk!

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan dinilai memiliki banyak keunggulan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa juga memicum timbulnya risiko. Salah satunya soal keamanan sebuah data atau informasi, dimana saat ini rasanya mudah sekali untuk mencuri sebuah data dalam lingkup perusahaan, timbulnya hacker juga semakin membuat perusahaan lebih waspada terhadap pencurian data penting soal perusahaan sebab hal ini juga akan mempengaruhi citra perusahaan di mata masyarakat.

Pengertian ISO 27001

source: freepik

ISO 27001 merupakan standar internasional untuk manajemen keamanan informasi. Standar ini memberikan panduan dan kerangka kerja yang komprehensif untuk mengelola dan melindungi keamanan informasi dalam suatu organisasi dan membantu organisasi merancang, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). Standar ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) sebagai ISO/IEC 27001.

ISO menekankan pendekatan berbasis risiko terhadap keamanan informasi dan memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk manajemen keamanan informasi, termasuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengukuran, dan peningkatan berkelanjutan. Perlu Anda pahami, bahwa ISO adalah alat yang sangat berguna bagi organisasi serta perusahaan yang ingin mengelola risiko dan melindungi keamanan informasi mereka. Dengan mendapatkan sertifikasi ISO juga dapat meyakinkan mitra bisnis, pelanggan dan pihak berkepentingan bahwa suatu perusahaan telah mengambil langkah serius untuk melindungi informasi mereka.

Baca Juga : Implementasi versi terbaru  Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2022

Urgensinya Apa Saja?

ISO memiliki urgensi yang signifikan dalam lingkungan perusahaan atau bisnis di era saat ini, karena tantangan yang berkaitan dengan keamanan informasi semakin meningkat. Urgensi ini meliputi dalam hal melindungi data sensitif dan informasi kritis. Dengan seringnya insiden pelanggaran data dan kebocoran informasi, perlindungan data menjadi sangat penting. Selain itu kehadirannya juga mampu membantu perusahaan mematuhi berbagai undang-undang, peraturan, dan regulasi yang berkaitan dengan keamanan informasi. Adapun ugernsi lain yakni khususnya dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, memiliki sertifikasi ISO 27001 dapat memberikan keunggulan kompetitif. Banyak pelanggan atau partner bisnis, lebih memilih mitra yang telah mengadopsi praktik keamanan informasi yang baik. Maka dari itu, standar keamanan sangatlah penting untuk perusahaan Anda guna membuat perusahaan yang aman dan tangguh terhadap serangan pencurian data dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

3 Tujuan dari ISO 27001

source: freepik

Setelah pembahasan yang panjang serta urgensi dari ISO untuk perusahaan. Selanjutnya Anda akan kami ajak untuk membahas mengenai tujuan dari ISO. Pada dasarnya, tujuan utama dari ISO 27001 adalah memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk manajemen keamanan informasi dalam suatu perusahaan. Standar ini dirancang untuk membantu perusahaan agar mampu mencapai berbagai tujuan terkait keamanan informasi. Berikut beberapa tujuan dari ISO yang perlu Anda ketahui!

1. Perlindungan Informasi dan Kepatuhan Hukum

ISO melindungi informasi dari akses yang tidak sah, perubahan, kebocoran, dan kerusakan. Misalnya data sensitif, rahasia perusahaan, informasi pelanggan, dan aset informasi lainnya. ISO juga memastikan kepatuhan pihak tertentu terhadap undang-undang, peraturan, dan regulasi yang berkaitan dengan keamanan informasi. Dalam hal ini juga mencakup undang-undang privasi data.

2. Kepercayaan Pelanggan dan Reputasi Perusahaan

Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis kepada perusahaan bisa dijadikan sebagai tanda bahwa Anda menunjukkan komitmen terhadap keamanan informasi. Sertifikasi ISO 27001 dapat memberikan bukti independen bahwa perusahaan sudah memenuhi standar tertentu. Kehadiran ISO di suatu perusahaan juga mampu melindungi reputasi perusahaan dengan mencegah insiden keamanan informasi dan dengan merespons dengan cepat jika terjadi insiden. Reputasi perusahaan dapat sangat terpengaruh oleh kebocoran data dan pelanggaran informasi.

3. Kebal terhadap Serangan dan Manajemen Risiko

Meningkatkan kemampuan organisasi untuk mengatasi dan merespons terhadap serangan siber dan ancaman keamanan informasi. ISO 27001 membantu organisasi menjadi lebih tangguh terhadap serangan. ISO juga mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko keamanan informasi yang mungkin mempengaruhi organisasi. Tujuannya utamanya adalah untuk mengurangi risiko kegagalan keamanan dan kerugian terkait dengan serangan siber dan insiden lainnya yang berpotensi bisa membuat citra perusahaan menjadi buruk.

Artikel Lainnya : Transformasi Digital Itu Apa Sih? Keunggulan dan Tantangannya!

Manfaat ISO 27001

Adapun sejumlah manfaat ISO yang bisa dirasakan oleh perusahaan. Terutama dalam hal menjaga keamanan data penting perusahaan. Tanpa basa basi, berikut beberapa manfaat dari ISO 27001 yang sebaiknya Anda ketahui!

1. Meningkatkan Awareness

Manfaat pertama untuk perusahaan adalah, membantu para karyawan untuk sadar betapa berbahayanya cyber crime. Bahkan perusahaan yang sudah melakukan keamanan dengan sistem ganda masih suka kebobolan dan data tersebar dengan cepat. Hadirnya ISO bisa menyadarkan karyawan, bahwa keamanan informasi perusahaan perlu diberikan ke dalam sebuah sistem serta berperan untuk turut membantu kerahasiaan informasi sebuah perusahaan.

2. Perusahaan Lebih Unggul

Perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO 27001 di nilai lebih unggul kompetitif. Karena mampu menarik pelanggan atau mitra bisnis yang ingin melakukan kontrak perjanjian kerja sama. Pasalnya dengan sebuah perusahaan memiliki sertifikasi ISO, hal ini membuktikan bahwa perusahaan memiliki sistem keamanan data yang teruji dan sudah terverifikasi.

Penulis: Gabriella Sabatini