ISO 27001

Hubungan Antara Transformasi Digital dengan ISO 27001

Mitra Berdaya – Transformasi digital merujuk pada perubahan fundamental dalam cara sebuah organisasi menggunakan teknologi digital untuk merombak proses bisnis, model bisnis, dan pengalaman pelanggan. Selain itu juga melibatkan penerapan teknologi digital untuk menghasilkan perubahan yang signifikan dalam cara sebuah organisasi beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis.

Hal ini selaras dengan adanya hubungan pada ISO 27001, yang merupakan standar internasional yang berfokus pada manajemen keamanan informasi dalam hal perubahan digital. Dimana dalam kemajuan digital, juga tetap membutuhkan sebuah sistem yang bisa mengamankan atau melindugi sebuah data penting.

Baca Juga : ISO 27001 Itu Apa Sih? Ini Manfaat dan Tujuannya!

Kenapa Keamanan Itu Penting dalam Dunia Digital?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa keamanan dalam kemajuan digital itu penting. Hal ini di dasari karena cyber crime bisa kapan saja terjadi dan menyerang data base sebuah perusahaan. Oleh, sebab itu untuk menanggulangi hal ini bisa terjadi perusahaan harus memiliki sistem keamanan yakni ISO 27001. Tidak bisa dipungkiri ancaman siber dan pelanggaran keamanan dapat menyebabkan kerugian keuangan yang signifikan.

Data yang dicuri atau dirusak, gangguan operasional, dan biaya pemulihan dari serangan sangat bisa merugikan bisnis dan organisasi. Keamanan sistem data yang buruk dapat mengakibatkan pelanggaran privasi, terutama ketika data pribadi konsumen atau informasi sensitif seperti kartu kredit, informasi medis, atau identitas dicuri atau diakses oleh pihak yang tidak sah. Hal ini dapat merusak reputasi perusahaan dan mengakibatkan tuntutan hukum.

Dunia digital penuh dengan ancaman siber, termasuk malware, ransomware, serangan phishing, serangan denial of service (DDoS), dan lainnya. Tanpa langkah-langkah keamanan yang tepat, sistem dan perangkat digital menjadi rentan terhadap serangan ini. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa keamanan sistem data yang baik adalah kunci untuk menjaga kontinuitas operasional. Serangan siber atau kegagalan keamanan yang signifikan dapat mengganggu operasi perusahaan, mengganggu produksi, dan menyebabkan kerugian bisnis yang signifikan.

Data dan informasi adalah aset berharga yang harus dilindungi. Keamanan sistem berguna melindungi data dari pencurian, kerusakan, atau penyebaran yang tidak sah. Banyak industri dan sektor tunduk pada regulasi ketat yang mengharuskan perusahaan untuk melindungi data dan menjaga keamanan IT. Pelanggaran regulasi dapat mengakibatkan denda yang tinggi.

Keamanan sistem dar ISO 27001 adalah faktor penting dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan pelanggan. Jika pelanggan merasa bahwa data mereka tidak aman, mereka mungkin kehilangan kepercayaan pada perusahaan dan produk bisnis Anda.

Baca Juga : ISO 27001 Itu Apa Sih? Ini Manfaat dan Tujuannya!

Hubungan Transformasi Digital dengan ISO 27001

Setelah membahas lebih dalam alasan mengapa transformasi digital membutuhkan sebuah sistem keamanan data yang harus mumpuni, kini Anda akan memahami keterkaitan antara transformasi digital dengan ISO 27001. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Perlindungan Data dan Pengendalian Akses

ISO 27001 adalah standar internasional yang berkaitan dengan manajemen keamanan informasi. Saat perusahaan melakukan transformasi digital, banyak data dan informasi yang dipindahkan atau disimpan dalam format digital. ISO 27001 memastikan bahwa data ini dikelola dan dilindungi dengan baik selama proses transformasi digital bergerak dan memberikan panduan tentang bagaimana mengelola akses ke sistem dan data penting. Hal ini berguna agar data bisa lebih mudah untuk dikelola

2. Manajemen Risiko dan Proses Bisnis

Transformasi digital sering melibatkan perubahan dalam proses bisnis, teknologi, dan infrastruktur. ISO 27001 mendorong perusahaan untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko keamanan informasi yang terkait dengan perubahan ini. Selain itu juga dapat memengaruhi banyak aspek dalam proses bisnis. ISO 27001 membantu perusahaan dalam mengintegrasikan keamanan informasi ke dalam proses bisnis baru dan yang telah ada.

3. Evaluasi dan Pengukuran Kinerja

ISO 27001 mendorong perusahaan untuk terus memantau dan mengevaluasi efektivitas sistem manajemen keamanan informasi mereka. Ini penting dalam konteks transformasi digital yang terus berubah. Transformasi digital seringkali melibatkan pengukuran kinerja baru yang mencakup keamanan informasi. ISO 27001 memberikan kerangka kerja untuk mengukur kinerja keamanan informasi dan melaporkan hasilnya.

Baca Juga : 3+ Langkah Transformasi Digital yang Bisa Perusahaan Lakukan!

Penutup

Nah, itulah pembahasan mengenai keterkaitan antara transformasi digital dengan ISO 27001. Perlu Anda ingat kembali bahwa kemajuan digital di era ini lebih mudah untuk mengalami pencurian maupun kebocoran data penting dari perusahaan. Oleh sebab itu, perhatikan kembali apakah sistem keamanan perusahaan Anda sudah bagus atau masih harus terus diperbaiki.

Jika Anda membutuhkan konsultasi perlindungan keamanan informasi, Mitra Berdaya menyediakan konsultasi dan implementasi ISO 27001. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami disini!