ISO 27701

ISO 27701 Itu Apa? Ini Urgensinya!

Mitra Berdaya – Berkembangnya teknologi dan digital yang semakin canggih memang membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, disisi lain juga menimbulkan risiko terkait kehilangan data atau pencurian data yang dilakukan oleh hacker atau pihak tidak sah. Pentingnya sebuah perusahaan atau organisasi memiliki sistem keamanan yang bernama ISO 27701. 

Data informasi saat ini dianggap sebagai aset yang sangat berharga. Informasi pribadi, informasi keuangan, kekayaan intelektual, rahasia bisnis, dan lainnya memiliki nilai ekonomi tinggi, dan peretas sering mencarinya untuk tujuan finansial atau untuk memanfaatkannya secara tidak sah.

Setiap sistem keamanan baik besar maupun kecil, memiliki kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh peretas. Jika kerentanan ini tidak diatasi dengan pembaruan perangkat lunak atau dengan langkah-langkah keamanan yang tepat, peretas bisa memanfaatkannya untuk mengakses data.

Upaya untuk melindungi data harus terus ditingkatkan dengan teknologi dan praktik keamanan yang memadai untuk mengurangi resiko pencurian data. Ini mencakup penggunaan enkripsi, sistem keamanan yang kuat, pelatihan kesadaran keamanan bagi karyawan, dan perangkat lunak keamanan yang mutakhir.

Baca Juga : Langkah Menjaga Keamanan Siber Perusahaan

Pengertian ISO 27701

ISO 27701 adalah standar internasional yang membahas sistem manajemen keamanan informasi (ISMS-Personal Information Management Systems). Standar ini merupakan pelengkap ISO/IEC 27001 yang merupakan standar sistem manajemen keamanan informasi (ISMS).

Standar ISO 27701 bertujuan untuk membantu organisasi melindungi informasi pribadi dan mengelola privasi data. Standar ini memberikan panduan praktis bagi perusahaan untuk mengelola informasi pribadi karyawan yang telah dikendalikan dan untuk menambahkan komponen privasi ke sistem manajemen keamanan informasi yang ada.

ISO 27701 memberikan kerangka kerja yang memungkinkan bisnis mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memitigasi risiko yang terkait dengan informasi pribadi yang mereka proses dan sistem manajemen privasi. Standar ini membantu perusahaan memenuhi persyaratan peraturan privasi seperti GDPR (General Data Protection Regulation) di Uni Eropa dan undang-undang privasi data lainnya di berbagai negara.

Urgensi dari ISO 27701

Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) di Indonesia merupakan peraturan yang bertujuan untuk melindungi data pribadi secara luas. Undang-undang ini mencakup pedoman dan ketentuan yang diperlukan untuk memastikan bahwa data pribadi diproses secara sah, adil, dan sesuai dengan prinsip perlindungan data. 

Saat ini ISO 27701 menjadi standar internasional terkait sistem manajemen privasi (ISMS – Personal Information Management System). Standar ini berfokus pada pengelolaan privasi informasi dan memberikan kerangka kerja untuk mengelola informasi pribadi secara efektif dan aman dalam konteks bisnis.

Selain itu undang-undang ini dapat saling melengkapi dalam perlindungan data pribadi. Standar ISO 27701 dapat membantu organisasi memenuhi standar internasional terkait manajemen privasi, sedangkan undang-undang PDP Indonesia merupakan pedoman dan standar khusus yang berlaku di suatu negara, memberikan standar dan prosedur khusus bagi perusahaan atau organisasi dan bekerja di Indonesia harus menghormati.

Penerapan ISO 27701 dapat membantu perusahaan untuk mematuhi standar internasional dalam pengelolaan perlindungan data, sementara undang-undang PDP Indonesia memberikan panduan lokal mengenai perlindungan data pribadi sesuai dengan undang-undang setempat.

Penting bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia untuk memahami dan mematuhi Undang-Undang PDP Indonesia serta mempertimbangkan standar internasional seperti ISO 27701 untuk meningkatkan kepatuhan terhadap standar yang lebih luas dan manajemen privasi data. Hal ini memastikan bahwa data pribadi ditangani dan dilindungi sesuai dengan standar global dan lokal.

Alasan Kenapa ISO 27701 Penting

Dengan meningkatnya penggunaan data pribadi dan sensitif dalam bisnis dan layanan serta meningkatnya perhatian publik dan pemerintah terhadap privasi, standar seperti ISO 27701 menjadi semakin penting untuk memastikan bahwa organisasi mematuhi standar yang diperlukan dan mengikuti aturan. Berikut beberapa alasan mengapa ISO 27701 penting untuk diterapkan! 

Menjaga Kepercayaan dan Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Dengan menerapkan standar ISO 27701, perusahaan dapat membangun kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan komitmen dalam perlindungan data pribadi dan privasi. Khususnya jika perusahaan yang banyak bersinggungan dengan data kependudukan atau pemerintahan yang mana, data warga sipil dan negara harus terjamin kerahasiaan serta keamanannya. 

Jika suatu waktu data bocor atau hilang, maka masyarakat akan memusatkan perhatian pada perusahaan dan menganggap bahwa perusahaan tidak profesional untuk menjaga sistem data yang ada. Hal ini juga selaras dengan fokus pada manajemen privasi informasi, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memastikan data pelanggan diolah dan disimpan dengan aman.

Lebih Kebal Terhadap Ancaman dan Manajemen Risiko

ISO memungkinkan organisasi untuk mengambil tindakan proaktif dalam mengelola dan merespons ancaman terkait privasi data sebelum terjadi kerugian. Standar keamanan ini juga membantu mengelola risiko privasi informasi, membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengurangi resiko pencurian atau penggunaan data pribadi tanpa izin.

Selain itu alasan mengapa ISO penting yakni memungkinkan organisasi untuk mengambil tindakan proaktif dalam mengelola dan merespons ancaman terkait privasi data sebelum terjadi kerugian. Pencurian data bisa membuat citra perusahaan menjadi buruk dan terkesan tidak profesional, oleh karena itu membutuhkan sistem keamanan bernama ISO 27701.

Nah, itulah pembahasan mengenai urgensi dari ISO 27701. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda, mengingat sistem keamanan data untuk perusahaan sangatlah penting.

Artikel Lainnya : Langkah Menjaga Keamanan Siber Perusahaan