ISO untuk perbankan

Pentingnya ISO 27001 dan 27701 di Dunia Perbankan!

Mitra Berdaya– Dunia perbankan merupakan salah satu perusahaan yang harus memiliki sistem keamanan informasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan, perbankan menyimpan banyak sekali data serta harta nasabah yang sudah dipastikan jumlahnya banyak hingga miliaran. Oleh sebab itu keamanan sistem informasi seperti standar yang dinamakan ISO. Dimana standar ini merupakan standar internasional yang sudah banyak dipakai oleh banyak perusahaan di Indonesia. 

Di sektor perbankan, beberapa standar ISO dan kerangka kerja relevan dapat diterapkan untuk membantu perusahaan mencapai tingkat keamanan, kepatuhan, dan kualitas layanan yang tinggi. Standar ini membantu perbankan dalam mengidentifikasi, mengelola, dan mengurangi risiko keamanan informasi. 

ISO melibatkan penerapan kontrol keamanan yang efektif dan manajemen risiko secara terus menerus.  Dalam hal ini, perbankan bisa menerapkan ISO 27001 dan ISO 27701 untuk menjaga keamanan data nasabah dan perusahaan baik bank swasta maupun bank negara.

Dalam dunia perbankan, sertifikasi ISO juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis terhadap perbankan, serta menunjukkan komitmen serius terhadap keamanan informasi. Hal ini dapat menjadi faktor penentu dalam memilih lembaga keuangan oleh nasabah yang semakin sadar akan keamanan data.

Baca Juga : Peran ISO 27001 Dalam Melindungi Data Pengguna

Fungsi ISO Untuk Perbankan 

Secara umum ISO merupakan standar keamanan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk menjaga keamanan data mereka agar tidak mudah diakses oleh pihak-pihak yang tidak sah. Namun, dalam dunia perbankan ISO memiliki fungsi sebagai: 

1. Melindungi informasi kritis dan sensitif yang dimiliki oleh perbankan
2. Menetapkan kebijakan dan prosedur keamanan informasi yang sesuai
3. Melindungi informasi pribadi pelanggan dan pihak terkait
4. Membangun budaya privasi yang kuat
5. Menerapkan kontrol keamanan untuk mengurangi risiko kebocoran atau pencurian data

Pentingnya ISO 27001 dan 27701 Untuk Perbankan

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa sistem keamanan data dalam dunia perbankan adalah wajib yang harus dilakukan. Mengingat kebocoran atau kehilangan data adalah hal yang bisa terjadi dengan mudah di era saat ini. Siapapun bisa mencuri data hanya dengan bermodalkan teknologi dan keandalannya dalam membobol sebuah sistem keamanan. Bahkan meskipun sistem keamanan sudah ketat, terkadang data masih saja bisa hilang atau dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka, disinilah peran ISO untuk mengamankan data dalam lingkup perbankan.

ISO 27001 merupakan standar internasional untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS). Standar ini memberikan pedoman untuk mendesain, menerapkan, mengoperasikan, memantau, memeriksa, memelihara, dan memperbaiki sistem manajemen keamanan informasi di dalam suatu perusahaan.

Dunia perbankan bisa menggunakan ISO 27001 dan ISO 27701. ISO 27001 membantu perbankan dalam, melindungi informasi pribadi dan keuangan pelanggan. Selain itu juga, menerapkan kontrol keamanan yang sesuai untuk mengurangi risiko kebocoran data dan akses yang tidak sah. Perbankan sering kali harus mematuhi berbagai regulasi. 

ISO 27001 membantu memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku. ISO juga membantu bank, dalam  mengidentifikasi dan mengelola risiko keamanan informasi dengan cara yang terstruktur. Selain itu ISO juga mengevaluasi risiko secara teratur memungkinkan perbankan untuk menjaga keamanan informasi mereka sesuai dengan ancaman yang berkembang.

Tidak hanya itu, ISO mampu mendorong perbankan untuk merencanakan, menerapkan, memeriksa, dan memperbaiki sistem keamanan informasi mereka secara terus-menerus serta menyediakan pedoman untuk manajemen keamanan jaringan dan sistem untuk melindungi infrastruktur perbankan.  Penerapan ISO di industri perbankan membantu meningkatkan keamanan informasi dan mengelola risiko secara efektif, yang menjadi semakin penting dalam era digital dan terkoneksi secara daring.

Tidak hanya ISO 27001, dunia perbankan juga butuh penerapan ISO 27701 yang mana standar yang terkait dengan sistem manajemen informasi privasi. ISO membantu organisasi, termasuk perbankan, dalam melindungi informasi pribadi yang mereka proses. ISO 27701 dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen lainnya, termasuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISO/IEC 27001), sehingga organisasi dapat mengelola privasi dan keamanan informasi secara terpadu.

Sebelum mengadopsi atau menerapkan ISO 27701, disarankan untuk memeriksa versi terbaru standar dan berkonsultasi dengan pakar privasi dan keamanan informasi yang memahami persyaratan khusus sektor perbankan dan regulasi privasi yang berlaku. Regulasi dan standar dapat berubah seiring waktu, dan organisasi perbankan perlu memastikan bahwa mereka selalu mematuhi persyaratan terkini.

Artikel Lainnya : ISO 27701 Itu Apa? Ini Urgensinya!

Kesimpulan

Dalam hal ini, Anda bisa memahami dan menarik kesimpulan bahwa penerapan ISO dalam dunia perbankan adalah hal yang sangat penting. Mengingat keamanan data nasabah, yang jumlahnya banyak harus dilindungi oleh sebuah sistem keamanan yang sudah memiliki sertifikat dengan standar internasional. 

Baik ISO 27001 dan ISO 27701 sama-sama bisa berperan penting untuk membantu menjaga data perbankan serta kerahasiaan nasabah selalu terlindungi.