ISO 37001

Organisasi Harus Mengimplementasikan ISO 37001!

Mitra Berdaya – Dalam dunia bisnis atau perusahaan, rasanya kegiatan suap menyuap adalah hal yang bisa saja terjadi. Entah terjadi, dalam lingkup antar karyawan atau dengan pemilik jabatan tertinggi yang ada. Lantas untuk menanggapi hal ini bisa terjadi, ada baiknya perusahaan memiliki standar khusus yang bernama ISO 37001 guna menghindari hal suap terjadi.

ISO 37001 memberikan kerangka kerja untuk mencegah, mendeteksi, dan menanggulangi praktik suap dan korupsi. Ini membantu perusahaan untuk tetap mematuhi standar etika dan hukum yang tinggi. Dengan hal ini, perusahaan bisa mengantisipasi lebih dini sebelum akhirnya kasus suap atau korupsi terjadi di perusahaan yang mana bisa merugikan dan membuat citra buruk pada perusahaan. 

Baca Juga : Yuk, Mengenal ISO 37001!

ISO 37001 Untuk Antisipasi Kasus Suap di Perusahaan

ISO 37001 adalah standar internasional yang merinci persyaratan untuk Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Standar ini memberikan panduan bagi organisasi dalam mengembangkan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen anti-penyuapan yang efektif. ISO di desain untuk berlaku pada berbagai jenis organisasi, baik sektor publik maupun swasta, dan berbagai ukuran.

Implementasi ISO 37001 dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan atau pihak lain, bahwa perusahaan mengelola risiko korupsi dengan serius dan berkomitmen pada prinsip-prinsip etika bisnis yang tinggi. Meskipun sertifikasi tidak wajib, banyak organisasi yang memilih untuk mendapatkan sertifikasi ISO 37001 untuk menunjukkan kepatuhan mereka terhadap standar internasional.

Adapun tujuan utama dari ISO 37001 ini, yaitu Mencegah, mendeteksi, dan menanggulangi praktik suap dan korupsi di dalam perusahaan serta memberikan panduan untuk mengembangkan budaya integritas dan etika bisnis yang tinggi. Tentu dalam hal ini, perusahaan ini meminimalisir adanya kasus suap atau korupsi. 

Implementasi ISO 37001 dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata pelanggan, mitra bisnis, pemangku kepentingan, dan masyarakat umum. Ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap etika bisnis yang tinggi. Tidak hanya itu, kehadiran ISO juga melibatkan karyawan dalam pemahaman dan pelaksanaan kebijakan anti-penyuapan membantu menciptakan budaya perusahaan yang menolak suap dan korupsi. Pelatihan reguler dapat meningkatkan kesadaran karyawan.

Artikel Lainnya : Pentingnya Pelatihan Keamanan Informasi Untuk Karyawan!

Alasan Perusahaan Harus Mengimplementasikan ISO 37001

Disamping itu, ISO pun membantu perusahaan menetapkan harapan etika yang jelas dalam hubungan dengan mitra bisnis dan pihak ketiga. Ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kestabilan hubungan bisnis. Penerapan ISO 37001 dapat membantu perusahaan menilai dan meningkatkan proses bisnis yang rentan terhadap suap dan korupsi. Ini dapat menghasilkan efisiensi operasional yang lebih baik.

Selain itu standar  ISO tipe ini dapat membantu melindungi perusahaan dari risiko denda dan sanksi keuangan yang mungkin timbul akibat pelanggaran anti-penyuapan. Ini memberikan perlindungan finansial terhadap dampak negatif. Nah, dengan menciptakan lingkungan perusahaan yang bebas dari suap, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas operasional dan fokus pada pencapaian tujuan bisnis jangka panjang dan hal ini tentu berpengaruh pada kesejahteraan karyawan. Dimana apabila karyawan sejahtera, pasti hasil produksi yang dibuat juga lebih baik dan lebih berkualitas mutunya.

ISO juga mendorong perusahaan untuk melakukan pemantauan kinerja anti-penyuapan secara teratur dan terus meningkatkan sistem mereka untuk tetap sesuai dengan standar. Dengan perusahaan menerapkan.  Adapun beberapa alasan mengapa perusahaan harus mengimplementasikan ISO. Berikut alasan-alasannya! 

1. Mencegah terjadinya korupsi dan suap antar karyawan dari tertinggi sampai jabatan terendah
2. Bukti sah jika perusahaan mematuhi hukum soal anti penyuapan
3. Menjaga citra perusahaan agar senantiasa baik dan profesional di mata masyarakat atau pelanggan
4. Meningkatkan hubungan bisnis dengan mitra lain, sebab perusahaan yang tidak korupsi biasanya menarik mitra bisnis untuk bekerja sama
5. Finansial perusahaan lebih terlindungi, sebab keuangan diatur menggunakan ISO 37001

Penutup 

Dengan penerapan ISO, perusahaan dapat mengurangi risiko suap dan korupsi, memperkuat budaya etika bisnis, dan memastikan kepatuhan terhadap standar internasional dalam mencegah praktik-praktik yang merugikan dan ilegal tersebut.

Perlu digaris bawahi sudah seharusnya perusahaan memiliki sertifikat ISO 37001, terlebih lagi untuk perusahaan yang bergerak di bidang OJK atau perbankan. Dimana perusahaan ini sangat rentan mengalami kasus suap atau korupsi, meskipun perusahaan di bidang lain juga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kasus suap menyuap.