Urgensi ISO 27001 Untuk Pelindungan Informasi

Mitra Berdaya – Medio Januari 2024, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi sorotan publik imbas beredarnya kabar kebocoran data Perusahaan. Pasalnya, Hacker mengklaim telah meretas sistem website dan mengambil data-data sensitif seperti informasi karyawan sampai data penumpang milik Perusahaan dibawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Berikut adalah pentingnya keamanan data berdasarkan prosedur ISO 27001 tentang standar internasional untuk pelindungan informasi.

Dalam dunia modern dengan beragam teknologi mutakhir, ancaman Siber mengancam siapapun yang mengakses Media Sosial dalam jejaring Internet. Instansi Swasta, Individu, sampai dengan Pemerintahan tidak luput menjadi sasaran Hacker dengan identitas terselubung. Seiringan dengan kejadian ini, Pengamat Siber mengatakan bahwa penting bagi KAI untuk mengamankan data sensitif dan bukan hanya mengumpulkannya. Data-data tersebut, meski diklaim telah dicuri seharusnya akan tetap aman ketika telah terenkripsi. 

Komitmen Perusahaan Tentang Pelindungan Informasi

Kendati demikian, PT. KAI dalam pernyataan Pers menyatakan bahwa sampai dengan saat ini belum ditemukan bukti tentang adanya kebocoran data. Perusahaan juga mengatakan bahwa data-data penumpang maupun karyawan sampai dengan akses reservasi tiket masih aman dan dapat diakses. Namun, Perusahaan akan tetap menginvestigasi secara menyeluruh untuk memastikan isu tersebut tidak benar-benar terjadi. 

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan telah mengaplikasikan ISO 27001 tentang Manajemen Sistem Keamanan Informasi untuk mengelola data-data sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Sehingga demikian, Perusahaan telah menerapkan standar yang berlaku di Dunia dan telah mengelola secara terstruktur.

ISO 27001 Tentang Manajemen Keamanan Informasi

ISO 27001 tentang Manajemen Sistem Keamanan Informasi sebagai Pelindungan Informasi

Lebih lanjut mengenai ISO 27001, ISO merupakan International Standardization for Organization atau standarisasi internasional yang telah disahkan di Jenewa, Swiss. Sebagai Perusahaan jasa transportasi, PT. KAI memerlukan proteksi data lebih seiringan dengan banyaknya data-data sensitif milik Perusahaan maupun Penumpang.

Baca juga: Pengertian dan Urgensi ISO 27001 Dalam Perusahaan

Fungsi daripada ISO 27001 untuk Perusahaan antara lain menjadi prosedur untuk melindungi data vital perusahaan, melindungi data pelanggan, dan menjadi mitigasi untuk antisipasi meminimalisir resiko kebocoran maupun peretasan data. Peretasan yang terjadi di website PT. KAI menjadi peringatan tentang pentingnya pengamanan data sesuai dengan prosedur tepat. Prosedur ini juga memberikan panduan untuk mendesain, mengoperasikan, dan memelihara sistem keamanan dalam sebuah perusahaan.

Fungsi daripada ISO 27001 untuk Perusahaan antara lain melindungi data vital perusahaan, melindungi data pelanggan, dan menjadi mitigasi untuk antisipasi meminimalisir resiko kebocoran maupun peretasan data. Peretasan yang terjadi di website PT. KAI menjadi peringatan tentang pentingnya pengamanan data sesuai dengan prosedur tepat. ISO 27001 memberikan panduan untuk mendesain, mengoperasikan, dan memelihara sistem keamanan dalam sebuah perusahaan.

Selain itu, penerapan ISO juga menjadi implementasi yang membuktikan perusahaan patuh terhadap regulasi dan juga membantu perusahaan dalam mengelola dan memitigasi ancaman dengan cara yang terstruktur. Dengan diterapkannya ISO 27001 dalam Perusahaan, maka ISO akan secara rutin mengevaluasi keamanan untuk melindungi data dari ancaman peretasan. Oleh karena itu, ISO 27001 memiliki peran penting dalam era digitalisasi seperti saat ini untuk memberikan jaminan keamanan bagi setiap data pribadi.

Artikel lain: Pentingnya penerapan ISO 27001 di Era Modern

Kesimpulan

Adanya pemberitaan tentang kebocoran data PT. Kereta Api Indonesia (Persero) oleh sekelompok Hacker memberikan kesadaran bagi setiap pihak tentang pentingnya pelindungan data informasi. Ancaman siber menjadi salah satu efek samping di tengah era digitalisasi yang semakin modern ini, sehingga memerlukan tindakan nyata dalam mengantisipasi ancaman ini, salah satunya adalah dengan menerapkan ISO 27001 tentang Manajemen Sistem Keamanan Informasi. Dengan adanya penerapan prosedur ini, maka ancaman siber berupa kebocoran data akan dapat diantisipasi lebih baik.

Selaras dengan pembahasan ini, PT. Mitra Berdaya Optima menyediakan jasa konsultasi layanan ISO 27001 untuk diterapkan pada perusahaan atau Organisasi anda. Untuk komunikasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *