ISO 9001 untuk meningkatkan mutu organisasi

Apa itu ISO 9001? Yuk Kenalan Lebih Dekat!

Mitra Berdaya – Menjadi sebuah organisasi atau lembaga dengan sistem yang baik, dibutuhkan cara berbeda. Peningkatan kualitas menjadi solusi tepat untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Solusi yang dapat ditempuh oleh organisasi adalah dengan menerapkan Standar Internasional berupa ISO 9001 untuk meningkatkan kualitas dan mutu perusahaan.

Standar membantu perusahaan berupa prosedur dan pedoman untuk meninjau dan mengidentifikasi produk ataupun area yang memerlukan peningkatan kualitas. Dengan mengadopsi Standar Internasional ini, maka perusahaan dapat meningkatkan reputasi mereka guna meningkatkan kepercayaan klien.

Baca juga : Sistem Manajemen Mutu

Siapapun Dapat Meningkatkan Kualitas Melalui ISO 9001

Sistem Manajemen Mutu dapat diterapkan di segala jenis Perusahaan

ISO 9001 merupakan Standar Internasional yang diciptakan untuk meningkatkan reputasi, kualitas produk, dan layanan perusahaan. Seiringan dengan tujuan tersebut, termasuk pula mitigasi kerusakan sampai dengan pengeluaran tidak perlu sehingga dengan diterapkannya standar ini, maka dapat menjadi bukti komitmen perusahaan untuk meningkatkan mutu dan kualitas. 

Seperti yang telah dijabarkan, bahwa penerapan ISO 9001 dapat meningkatkan reputasi, kualitas produk, dan layanan perusahaan. Sebab dengan adanya komitmen penerapan ini, maka alur dalam perusahaan telah terstruktur dengan baik dan teratur dengan model Plan-Do-Check-Act (PDCA). Kendati penerapan standar ini bukan menjadi sebuah hal yang wajib, namun banyak perusahaan yang telah menerapkan standar ini untuk meningkatkan reputasi mereka.

Tujuan implementasi ISO 9001 di lingkungan organisasi adalah mengoptimalkan efisiensi dan mutu produksi. Tidak hanya itu, menjadi pedoman bagi organisasi sebab penerapan ini berlaku secara menyeluruh.

Manfaat lain yang juga diperoleh Perusahaan apabila menerapkan standar ini antara lain pengelolaan proses yang baik, menjadi mitigasi untuk mengantisipasi dan menanggulangi segala bentuk risiko kerja, meningkatkan daya saing lebih besar, sampai dengan meningkatkan komunikasi karyawan.

Artikel lainnya : Mengapa Perusahaan Wajib Menerapkan Manajemen Anti Suap

Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan ISO 9001

Setiap Perusahaan perlu meningkatkan mutu.

Apabila organisasi telah mengimplementasikan pedoman ini, maka mereka telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas perusahaan, baik eksternal berupa hasil produk mereka sampai relasi dengan klien atau mitra bisnis, maupun internal berupa keharmonisan staff dan manager.

Standar ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan untuk meningkatkan daya saing mereka dengan skala lebih besar. Dengan adanya peningkatan skala saing, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang telah menerapkan ISO 9001 ini akan dengan sendirinya dituntut untuk improvisasi guna mendapatkan loyalitas klien.

Artikel lainnya : Kunci Penerapan ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu

Kesimpulan

ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu merupakan Standar Internasional yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan mutu dan kualitas organisasi atau kelembagaan. Standar ini membantu memeriksa bagian mana saja yang perlu dilakukan evaluasi untuk memenuhi ekspektasi pelanggan. Dapat diterapkan pada organisasi dengan skala apapun dan membantu meningkatkan reputasi.

Sehubungan dengan ini, Mitra Berdaya Optima dapat menjadi solusi terbaik, sebab perusahaan kami memberikan jasa layanan konsultasi ISO. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi website kami di mitraberdaya.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *