ISO 22000 tentang Sistem Keamanan Produksi Pangan

ISO 22000 Tentang Manajemen Produksi Pangan

Mitra Berdaya – Tahun 2023, jumlah penduduk dunia diperkirakan mencapai angka 8 milyar di berbagai penjuru negara. Pasca dikejutkan dengan wabah Coronavirus Disease (COVID-19), kesehatan selalu menjadi prioritas utama. Berkaitan dengan penyakit, tentu berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi, oleh karena itu, perusahaan pangan perlu menerapkan ISO 22000 tentang Manajemen Keamanan Pangan.

International Standardization for Organization atau ISO 22000 memberikan prosedur, panduan, sampai dengan mekanisme produksi serta penjualan produk pangan secara menyeluruh mulai dari produsen sampai dengan proses pendistribusian. Standar ini juga menjadi pedoman bagi perusahaan untuk memastikan keamanan dan kebersihan pangan. Dengan penerapan prosedur sesuai, maka perusahaan dapat memberikan jaminan kesehatan pangan sebelum didistribusikan kepada masyarakat.

Baca juga : Sistem Manajemen Keamanan Pangan

ISO 22000 Untuk Memastikan Keamanan Pangan

Seperti yang sudah dijelaskan, ISO 22000 adalah standar internasional tentang Manajemen Keamanan Pangan. Standar ini memberikan pengawasan secara komprehensif mulai dari perencanaan, produksi, sampai dengan distribusi pangan. Penerapan standar ini dapat dilakukan di perusahaan ataupun badan swadaya berbagai ukuran baik Pemerintah maupun swasta.

Implikasi mekanisme ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan terhadap pelanggan, sebab membuktikan bahwa perusahaan berkomitmen nyata untuk memastikan keamanan produksi pangan untuk dikonsumsi. Implikasi tidak hanya pada perusahaan produsen, melainkan sampai dengan perusahaan peralatan.

Tujuan implementasi ISO 22000 adalah untuk membentuk keteraturan dan keharmonisan terhadap semua unsur yang terlibat dalam proses produksi pangan. Selain itu, tujuan dari adanya pelaksanaan prosedur ini adalah untuk memastikan manajemen produksi pangan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Artikel lainnya : Apa Itu Manajemen Keamanan Pangan?

Manfaat Penerapan ISO 22000 terhadap Perusahaan

Standar internasional ini dapat meminimalisir resiko penyebaran penyakit melalui makanan dan meningkatkan kualitas keamanan produksi makanan. Kerangka, mekanisme, dan prosedur yang diterapkan dalam standar ISO ini memiliki manfaat dan tujuan diantaranya :

  1. Peningkatan kesehatan dan keselamatan
  2. Meningkatkan angka kepuasan pelanggan
  3. Mematuhi regulasi yang berlaku
  4. Perbaikan transparansi
  5. Peningkatan mitigasi risiko

Penutup

Dengan diimplementasikannya prosedur ISO 22000, maka perusahaan telah memberikan rasa aman kepada pelanggan serta meningkatkan kualitas produksi perusahaan itu sendiri. Penerapan ini juga memberikan perusahaan kemampuan untuk memitigasi risiko berupa antisipasi dan investigasi bilamana terjadi insiden.

Selaras dengan prosedur tersebut, PT. Mitra Berdaya Optima memberikan jasa layanan konsultasi sertifikasi prosedur tentang Manajemen Keamanan Pangan dan telah disertifikasi oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN). Apabila anda memiliki pertanyaan terkait, anda dapat menghubungi kami disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *