ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Suap

ISO 37001 Sebagai Prosedur Budaya Integritas Dalam Perusahaan

Mitra Berdaya – Dalam sebuah organisasi terdapat banyak bidang dan ditangani oleh individu dengan karakteristik beragam. Untuk membudayakan budaya kejujuran dan untuk meminimalisir risiko suap maupun gratifikasi, maka sebuah organisasi perlu menerapkan prosedur ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

Standar ini juga mengedepankan etika dalam berbisnis dan juga menjunjung sifat patuh terhadap peraturan. Dapat disimpulkan bahwa standar ini menjadi prosedur yang menumbuhkan budaya integritas di dalam perusahaan.

Prosedur ini membantu perusahaan memberikan panduan sistem anti suap dan apabila diterapkan, maka dapat menjadi sebuah bukti komitmen perusahaan dalam mematuhi regulasi yang berlaku. Selain itu, untuk mengimplementasikan ISO 37001, dibutuhkan pelatihan kepada seluruh lapisan anggota untuk menumbuhkan kesadaran bersama dan memberikan konsekuensi pelanggaran.

Baca juga : Pengertian ISO 37001

ISO 37001 sebagai Standar Internasional Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP)

Tujuan Penerapan ISO 37001 Dalam Perusahaan

Penerapan ISO 37001 dalam lingkungan organisasi bertujuan untuk menjadi sebuah panduan dan solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mencegah kegiatan suap. Salah satu cara kerja prosedur ini adalah dengan pemberlakuan proses pengawasan dan penilaian yang diadakan secara rutin. Sehingga, dengan adanya proses pengawasan dan penilaian rutin oleh perusahaan dapat mencegah adanya praktik suap.

Jika organisasi telah menerapkan prosedur ini, maka perusahaan telah menunjukkan komitmen dalam menentang tindakan suap dan telah mematuhi regulasi. Penerapan prosedur ini dapat menjadi piranti pembibitan budaya integritas dari atasan sampai dengan anggota secata menyeluruh.

Artikel lainnya : Pentingnya Pelatihan Keamanan Pada Karyawan

Manfaat Penerapan ISO 37001

Apabila organisasi telah melakukan sertifikasi, tentu akan memberikan dampak dan manfaat. Manfaat yang didapatkan organisasi tersebut antara lain mendapatkan loyalitas pelanggan karena rasa percaya terhadap organisasi yang berkomitmen anti praktik suap. Reputasi yang meningkat karena mendapatkan citra baik. Kemudian mampu meminimalisir kerugian karena akan dengan mudah mengidentifikasi praktik suap dalam lingkungan suatu organisasi. Selain itu, manfaat yang didapatkan setelah diterapkannya prosedur ini adalah daya saing yang meningkat.

Artikel lainnya : Mengenal Lebih Dekat Risk Visualization

Penutup

Sebagai sebuah organisasi maupun instansi yang terdiri dari berbagai manusia dengan beragam karakter, tentu memerlukan langkah lebih dalam mencegah tindak suap. Adanya standar internasional berupa ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dapat membantu perusahaan dan menumbuhkan budaya integritas karyawan untuk saling mematuhi regulasi yang berlaku. Dengan diterapkannya prosedur ini, maka reputasi dapat meningkat karena akan menarik kepercayaan pelanggan berkat adanya komitmen nyata dalam mencegah tindak suap.

Selaras dengan hal tersebut, anda dapat menghubungi PT Mitra Berdaya Optima sebagai jasa konsultan anda terkait dengan penerapan ISO. Dengan sertifikasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia, anda dapat mengandalkan kami untuk membantu mendongkrak reputasi organisasi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *