ISO 27701 tentang Manajemen Informasi Pribadi

ISO/IEC 27701 Untuk Keamanan Data dan Evaluasinya!

Mitra Berdaya – Sebagai sebuah organisasi layanan publik, keamanan data menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan. Untuk meningkatkan reputasi, Perusahaan perlu menerapkan standar internasional atau ISO/IEC 27701 tentang Manajemen Keamanan Data Privasi.

International Standard Organization (ISO) / International Electrotechnical Commission (IEC) 27701 memberikan kerangka kerja dan prosedur bagi organisasi untuk menjaga kerahasiaan data. Standar ini termasuk ke dalam IEC karena ISO 27701 berkaitan dengan teknologi digital. Standar ini menyempurnakan ISO 27001 berkat tambahan seperti penambahan risiko perlindungan data, risiko privasi informasi, dan beberapa persyaratan privasi lainnya. 

Artikel lainnya : Sistem ISO/IEC 27701 Dalam Melindungi Data Menghadapi Pemilu

Manfaat dan Sistematika Penerapan ISO/IEC 27701

Standar ini juga selaras dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi (Permenkominfo) nomor 4 tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Informasi. Oleh karena itu, penerapan prosedur ini bukan hanya bernilai simbolis dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Jika diterjemahkan ke dalam asas sebuah instansi, maka instansi maupun organisasi terkait juga telah menjalankan komitmen asas akuntabilitas atau kepatuhan.

Manfaatnya adalah pengetahuan cara mengelola data secara profesional, menekan biaya anggaran insiden, dan struktur bagian pekerjaan yang lebih tertata dan profesional. Dapat disimpulkan bahwa cara kerja standar ini kepada sebuah sistem adalah dengan cara memberikan kerangka kerja dan rangkaian prosedur untuk meningkatkan kualitas perlindungan sistem.

Baca juga : Urgensi Penerapan ISO/IEC 27701

Hambatan dan Evaluasi ISO/IEC 27701

Meskipun ISO/IEC 27701 telah menjadi sebuah standar internasional, namun prosedur ini tetap memiliki sebuah hambatan yang memerlukan evaluasi. Beberapa contoh hambatan antara lain kurangnya kesadaran terhadap standar ini, belum sempurnanya perencanaan penerapan prosedur, sampai dengan pemahaman yang rendah. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut berupa mengedukasi pentingnya standar ini untuk keamanan data, perlu road map dan pembagian kerja yang jelas, dan melatih guna memberikan pemahaman prosedur ini.

Selain berorientasi pada reputasi, perusahaan juga dituntut untuk menunjukkan sikap akuntabilitas berupa kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Regulasi Indonesia tentang pentingnya kerahasiaan data adalah Permenkominfo nomor 4 tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Informasi dan UU. nomor 27 tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Artikel lainnya : Kolaborasi ISO 27001 dan ISO/IEC 27701 Dalam Mengamankan Data

Kesimpulan

ISO/IEC 27701 merupakan standar internasional tentang Keamanan Data Privasi dan menjadi penyempurna ISO 27001. Manfaat standar ini adalah membantu pengelolaan keamanan data menjadi lebih profesional dan menunjukkan asas akuntabilitas terhadap regulasi yang berlaku. Hambatan yang dimiliki salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran pentingnya perlindungan data sehingga perlu dilakukan edukasi supaya data dapat dikelola secara profesional.

Mengenai prosedur standar ini, anda dapat melakukan pelatihan dan sertifikasi dengan cara menghubungi PT. Mitra Berdaya Optima disini. Kami memiliki lisensi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sehingga anda dapat menjadikan kami sebagai mitra kerja sama anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *