Prinsip ISO/IEC 20000-1 Serta Urgensinya!

Mitra Berdaya – Dalam sebuah organisasi maupun kelembagaan, terdapat kerangka kerja yang menjadi panduan. Baik panduan untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi maupun panduan untuk memastikan adanya kesesuaian dengan standar internasional. Seiringan dengan pernyataan tersebut, maka organisasi perlu menerapkan ISO/IEC 20000-1 tentang Sertifikasi Manajemen Teknologi Informasi (SMTI). 

Standar ini dibentuk oleh Badan Standarisasi Internasional (ISO) yang bekerja sama dengan International Electrotechnical Commission (IEC) dan ditujukan untuk menggantikan British Standard 15000 yang dibentuk oleh British Standards Institution (BSI). ISO 20000-1 memberikan panduan untuk merencanakan, mengoperasikan, memelihara, dan mengoptimalkan baik sistem maupun layanan TI.

Artikel lainnya : Standar Internasional ISO 27701 Sebagai Proteksi Data Pribadi

Manfaat Penerapan ISO/IEC 20000-1

Diciptakannya standar internasional seperti ini adalah supaya dapat meningkatkan kualitas layanan dan mutu organisasi menjadi setara dengan tiap-tiap organisasi di berbagai negara. Dengan menerapkan standar internasional, maka organisasi akan mendapatkan reputasi positif bahwa pengelolaan didalamnya ditangani secara profesional.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka penerapan ISO/IEC 20000-1 tidak berbeda dengan penjelasan di atas. Manfaat penerapan standar ini antara lain membuktikan komitmen untuk berbenah, untuk memenuhi keperluan audit, dan meningkatkan reputasi organisasi di tengah masyarakat.

Meskipun membutuhkan proses yang tidak mudah dalam menerapkan standar ini, namun perlu diketahui bahwa reputasi yang meningkat membawa efek positif pada organisasi atau lembaga secara keseluruhan. Sederhananya, organisasi yang menerapkan standar internasional akan menumbuhkan kepercayaan di tengah masyarakat.

Artikel lainnya : Standar Internasional ISO 22000 Dalam Menjamin Keamanan Pangan

Urgensi Prinsip ISO/IEC 20000

Standar Internasional yang mengatur tentang Sistem Manajemen Teknologi Informasi ini memberikan ketentuan bahwa setiap organisasi perlu memberikan ketetapan, mengimplementasikan, dan mengoptimalkan layanan sistem mereka. Ketentuan yang dimaksud berupa planning atau rencana, desain, perubahan, pendistribusian, dan pengoptimalan layanan supaya memenuhi standar.

Di dalamnya, standar ini terbagi menjadi dua bagian, yakni perincian tentang manajemen layanan TI dan persyaratan manajemen pelayanan. Bagian pertama memberikan anjuran integrasi program untuk memudahkan dan meningkatkan layanan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Bagian kedua memberikan panduan kerja pada organisasi berdasarkan standar internasional ini.

Bagi organisasi maupun lembaga yang bersinggungan dengan teknologi, standar ISO/IEC 20000-1 penting untuk diterapkan. Standar ini memberikan kerangka kerja yang memandu organisasi dalam meningkatkan dan mengoptimalkan layanan TI sehingga dapat mematok standar layanan tidak hanya dalam negeri namun internasional.

Artikel lainnya : Standar Internasional ISO 37001 Untuk Menumbuhkan Integritas Karyawan

Kesimpulan

ISO/IEC 20000-1 merupakan Sistem Manajemen Teknologi Informasi (SMTI) yang secara garis besar bergerak di bidang Teknologi Informasi (TI). Manfaat penerapan standar ini adalah untuk mengoptimalkan layanan sistem yang dimiliki sebuah organisasi maupun lembaga. Standar ini penting untuk diterapkan supaya menetapkan standar tinggi dalam sebuah perusahaan.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan sertifikasi, konsultasi, maupun pelatihan mengenai standar ISO, Anda dapat menghubungi PT Mitra Berdaya Optima. Perusahaan kami telah memiliki sertifikasi yang diberikan secara resmi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSN) Republik Indonesia sehingga anda tidak perlu meragukan reputasi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *