ISO 17025 sebagai standar internasional uji laboratorium Spesial Hari Farmasi Nasional

Standar ISO 17025 Sebagai Nahkoda Kesehatan Bangsa

Mitra BerdayaDalam kehidupan manusia, kesehatan menjadi hal utama. Untuk menjamin kesehatan, diperlukan obat-obatan dan vitamin untuk memulihkan juga memelihara kebugaran fisik dan jasmani. Obat-obatan yang didistribusikan kepada publik memerlukan uji klinis sebelum sampai di tangan konsumen. Untuk itu, diperlukan laboratorium yang sesuai dengan ISO 17025 tentang Standar Pengujian dan Kalibrasi Laboratorium.

ISO 17025 merupakan standar internasional yang disahkan oleh Badan Standarisasi Internasional (ISO) tentang Standarisasi Uji Laboratorium. Standar yang juga memiliki poin vital bagi manusia sebab obat-obatan bergantung pada kualitas laboratorium. Standar ini menjadi pedoman baik tidaknya sebuah uji lab untuk menjamin kualitas produk.

Artikel lainnya : Mengenal ISO 22000 Sebagai Standar Internasional Keamanan Pangan

Hari Farmasi Nasional 13 Februari
Edukasi ISO 17025 tentang Standar Uji dan Kalibrasi Laboratorium dalam memperingati Hari Farmasi Nasional 13 Februari

Teknis ISO/IEC 17025 Dalam Menentukan Kesehatan Bangsa

Standar internasional ini telah diadopsi ke dalam standar Indonesia menjadi SNI Sertifikasi ISO/IEC 17025:2017 yang berdasarkan pada penyesuaian kebutuhan dalam negeri berdasarkan aturan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Antara KAN dan ISO hanya berbeda pada wilayah tugas, ISO mencakup internasional sedangkan KAN hanya mencakup skala Indonesia. Meskipun telah diadopsi ke dalam aturan Indonesia, prinsip ISO 17025 tidak berubah, hanya saja disesuaikan dengan kebutuhan domestik Indonesia.

ISO 17025 yang telah diadopsi berdasarkan aturan Indonesia juga merupakan bagian dari standarisasi oleh KAN. ISO tersebut mengharuskan seluruh laboratorium memenuhi persyaratan secara teknis sampai dengan pengelolaan laboratorium sesuai dengan standar internasional ini sebelum melakukan uji maupun kalibrasi.

Penerapan standar ini membuat laboratorium wajib memastikan seluruh proses dilakukan dibawah kendali serta data-data yang dihasilkan kredibel. Prinsip ini mengharuskan data yang dihasilkan di bawah kendali sebab melakukan pendekatan lebih intens pada teknologi informasi seperti komputer sampai dengan rekaman elektronik. Dengan ini, laboratorium yang telah menerapkan prinsip standar ini sudah memastikan kualitas proses dan produk dalam kategori baik berdasar pada standar internasional sebelum diedarkan secara luas.

Artikel lainnya : Mengenal Lebih Dekat Standar Internasional Anti Suap ISO 37001

Maksud Dibalik Peran ISO 17025 Sebagai Nahkoda Kesehatan Bangsa

Setelah menjelaskan tentang pentingnya prinsip ini diterapkan, selanjutnya berpindah pada manfaat diterapkannya ISO 17025. Manfaat tersebut antara lain jaminan pekerjaan sesuai prosedur karena akan ada pemantauan rutin, standar yang tinggi menjadikan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi pelanggan, dan penerapan prinsip ini menjadikan perusahaan memiliki nama yang melekat di tengah masyarakat.

Apabila patokan yang ditetapkan tinggi, maka kualitas akan meningkat dan mutu akan terjamin karena dikelola secara menyeluruh dan dengan profesional. Laboratorium yang telah menerapkan standar ini menandakan bahwa mereka telah menjamin kualitas dan keamanan obat-obatan yang telah diuji.

Dengan demikian, apabila diterjemahkan dalam penjelasan sederhana, regulasi ISO 17025 memegang peranan sebagai Nahkoda yang menentukan arah keselamatan bangsa. Sebab obat-obatan akan diwajibkan untuk memenuhi syarat yang ditetapkan dalam regulasi tersebut sebelum diedarkan.

Artikel lainnya : Standar Internasional Keamanan Data Pribadi ISO 27701

ISO 17025 sebagai standar internasional uji laboratorium

Kesimpulan

ISO 17025 merupakan standar internasional tentang uji dan kalibrasi laboratorium. Prinsip standar ini adalah menjamin kualitas uji laboratorium sesuai dengan prosedur internasional. Dengan menerapkan standar ini, laboratorium akan dituntut untuk memastikan setiap proses sesuai dengan prosedur. Penerapan standar tinggi menjadikan produk yang dihasilkan dapat dijamin mutu dan kualitasnya.

Selaras dengan pembahasan diatas, mengenai penerapan standar internasional berdasarkan panduan ISO, anda dapat melakukan konsultasi dan pelatihan dengan PT Mitra Berdaya Optima. Kami memiliki sertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia sehingga anda dapat memberikan kepercayaan anda kepada kami.

Selamat Hari Farmasi Nasional 13 Februari 2024! Garda terdepan kesehatan bangsa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *