Standar Internasional Ini Bisa Bikin Industri Naik Kelas

Mitra Berdaya – Dalam kegiatan berbisnis, istilah “naik kelas” berupa ekspansi pasar dan peningkatan hasil menjadi hal prioritas. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sebuah gebrakan baru, salah satunya adalah peningkatan mutu kualitas organisasi atau badan usaha. Peningkatan mutu kualitas industri dapat dibantu oleh sebuah standar internasional yakni ISO 9001 sebagai Sistem Manajemen Mutu (SMM).

ISO 9001 merupakan standar internasional untuk meningkatkan mutu produksi organisasi atau badan usaha, mengedepankan pada peningkatan kualitas secara menyeluruh. Standar ini memiliki cara kerja berupa pemberian prosedur, persyaratan, dan kerangka kerja bagi setiap organisasi untuk konsisten berkembang dalam memenuhi ekspektasi klien.

Artikel lainnya : Mengenal Lebih Dekat ISO 9001

Standar internasional Sistem Manajemen Mutu (SMM)

Analisa ISO 9001 Dalam Membantu Industri Naik Kelas

Ketika menjadi seorang pengusaha dan hendak menawarkan produk pada calon pembeli, tentu terdapat pertimbangan apakah produk tersebut memiliki standar mutu yang baik atau tidak. Produk dengan standar mutu yang baik tentu akan lebih meyakinkan dibandingkan dengan yang tidak memiliki standar mutu.

ISO 9001 diciptakan untuk membantu industri skala apapun dalam meningkatkan mutu kualitasnya. Standar ini mendongkrak kualitas produk, mutu, dan reputasi industri maupun organisasi supaya dapat memenuhi ekspektasi klien. Sebelum sampai pada klien, standar ini juga membantu setiap elemen industri dalam memastikan produk yang dihasilkan sesuai dengan standar dan dengan mutu terbaik.

ISO 9001 adalah sebuah standar yang diciptakan oleh Badan Standarisasi Internasional untuk menjadi sebuah patokan yang tidak hanya berlaku di satu negara terkait dengan mutu dan kualitas produk. Standar ini telah mengalami beberapa kali revisi untuk menyesuaikan kebutuhan zaman.

Artikel lainnya : Kunci Penerapan ISO 9001

Implementasi ISO 9001 Dalam Membuat Industri Naik Kelas

Dalam memaparkan tujuan diciptakannya standar ini, tentu menjadi pertanyaan wajar ketika muncul pertanyaan seperti apa standar ini mendongkrak suatu industri atau badan usaha. Untuk menjawabnya, standar ini memberikan persyaratan dan standar minimum bagi sebuah industri untuk memenuhi Sistem Manajemen Mutu (SMM).

Persyaratan yang termasuk didalamnya salah satunya adalah pemeriksaan secara konsisten. Dengan adanya penerapan standar ini, sebuah industri dapat mengevaluasi produk dan proses secara konsisten sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan.

Standar ini dapat mencegah terjadinya kegagalan produk atau kecacatan produk berkat adanya pengawasan rutin yang menjadi bagian persyaratan. Dengan adanya penerapan ini, maka sebuah industri dapat terbantu untuk mencapai reputasi terbaik dan dapat membantu supaya lebih berkembang.

Dengan demikian, dengan banyaknya persyaratan yang wajib dipenuhi dalam upaya meningkatkan mutu produk dan reputasi industri berdasarkan standar ISO 9001, maka dapat disimpulkan bahwa standar internasional ini dapat membuat setiap industri naik kelas.

Artikel lainnya : Langkah-langkah Melakukan Transformasi Digital Pada Perusahaan

Kesimpulan

ISO 9001 adalah Standar Internasional tentang Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang menjadi standar internasional terhadap mutu dan kualitas produk serta proses dalam sebuah industri. Standar ini mengutamakan pemenuhan ekspektasi klien melalui produk yang dihasilkan dengan memantau proses produksi dan kualitas produk secara konsisten. Dapat disimpulkan bahwa standar ini membantu industri lebih berkembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *