Peranan Kunci ISO 21001 Dalam Membangun Peradaban Bangsa

Mitra Berdaya – Menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat dunia dengan kenyataan berdiri sebagai negara berkembang membuat Indonesia memiliki tugas yang tidak sedikit. Salah satu pilar utama yang dapat merubah Indonesia adalah pendidikan, sebab membangun generasi bukan menjadi pekerjaan singkat. Untuk membantu kemajuan pendidikan Indonesia, perlu diterapkan standar internasional yang tertuang dalam ISO 21001.

ISO 21001 merupakan standar internasional tentang Standar Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) yang diciptakan oleh Badan Standarisasi Internasional (ISO). Sistem ini diciptakan untuk membantu instansi pendidikan dalam meningkatkan kualitas mutu pembelajaran di Indonesia.

Artikel lainnya : ISO 9001 Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu (SMM)

Membahas Lebih Detail ISO 21001

ISO 21001 menjadi penyempurna ISO 9001 tentang Sistem Manajemen Mutu untuk kemudian lebih spesifik dalam menjadikan standar patokan. Standar ini berlaku pada setiap tingkat pendidikan sampai dengan lembaga sertifikasi pekerjaan profesional. Adanya standar ini membuat setiap lembaga pendidikan lebih bertanggung jawab menyediakan layanan pendidikan secara adil.

Sesuai dengan maksud diciptakannya standar ini, hadirnya standar ini juga dapat membantu lembaga pendidikan dalam mengoptimalkan setiap unsur pendidikan, mulai dari guru, murid, sampai dengan civitas akademika. Tujuan-tujuan tersebut dapat menjadikan kualitas pendidikan semakin baik berkat adanya tuntutan untuk dipenuhi.

Artikel lainnya : Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Mengantisipasi Kebocoran Data

Pentingnya ISO 21001 Bagi Pendidikan di Indonesia

Tujuan adanya standar internasional ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sebab dapat menjadi tolak ukur evaluasi lembaga pendidikan dalam memberikan layanan pendidikan. Sebab melalui evaluasi ini, lembaga terkait dapat mengerti celah-celah apa saja yang memerlukan perbaikan untuk mencapai kualitas terbaik.

Adapun manfaat yang menjadikan ISO 21001 penting bagi pendidikan Indonesia antara lain mewujudkan kecocokan antara visi misi lembaga dengan pelaksanaannya, mewujudkan lembaga yang bertanggung jawab atas kualitas pendidikan yang diberikan, dan peningkatan kualitas melalui pengawasan dan evaluasi rutin secara konsisten.

Apabila mayoritas atau bahkan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia telah menerapkan standar ini, maka visi Indonesia Emas 2045 dapat tercapai. Refleksi dari zaman pendahulu bahwa untuk membangun sebuah peradaban dimulai dari membangun sebuah perpustakaan. Oleh karena itu, pendidikan merupakan pondasi yang menentukan kokoh tidaknya suatu peradaban sehingga membutuhkan keseriusan dalam meningkatkan kualitasnya.

Artikel lainnya : Antisipasi Kebocoran Data Penduduk Menghadapi Pemilu

Kesimpulan

ISO 21001 merupakan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan dan telah ditetapkan menjadi standar internasional oleh Badan Standarisasi Internasional (ISO). Standar ini menuntut lembaga pendidikan untuk bertanggung jawab memberikan layanan pendidikan secara adil. Adanya evaluasi rutin menjadikan kepastian naiknya kualitas menjadi semakin realistis. Dengan demikian, standar ini membantu pendidikan Indonesia lebih baik.

Sehubungan dengan pembahasan diatas, apabila anda membutuhkan konsultasi maupun pelatihan mengenai standar internasional sesuai standarisasi ISO, anda dapat menghubungi PT Mitra Berdaya Optima disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *