Menjaga Keberlanjutan Lingkungan Dengan Standar ISO 14001

Mitra Berdaya – Isu pemanasan global menjadi salah satu isu mengkhawatirkan, mengingat adanya ketimpangan antara angka pertumbuhan manusia dan perkembangan industri dengan menipisnya luas lingkungan seperti hutan maupun area hijau. Untuk menyikapi isu tersebut secara serius, terciptalah ISO 14001 standar internasional tentang Sistem Manajemen Lingkungan sekaligus menjadi pedoman industri terhadap keberlanjutan lingkungan.

Standar ini menyalurkan tanggung jawab instansi kepada lingkungan untuk menyelaraskan kepentingan perusahaan dengan keseimbangan lingkungan. Mengingat instansi seperti industri menyumbang limbah sehingga perlu untuk menerapkan standar internasional ini.

Artikel lainnya : Mengenal Standar Internasional Tentang Keberlanjutan Lingkungan

Sistematika ISO 14001 Dalam Menjaga Keberlanjutan Lingkungan

Proses produksi tentu akan berdampak pada lingkungan, terlebih ketika dalam proses tersebut menghasilkan limbah yang kemudian dibuang tanpa melalui proses penyaringan. Untuk mengatasi problem tersebut, ISO 14001 memberikan persyaratan, prosedur, dan panduan bagi setiap instansi untuk tetap memperhatikan lingkungan.

Persyaratan yang diberikan standar ini kepada setiap instansi antara lain kebijakan lingkungan, perancangan, implementasi, evaluasi, pengawasan, dan pengoptimalan secara berkelanjutan. Kebijakan lingkungan yang dimaksud adalah komitmen terhadap lingkungan yang dikomunikasikan secara menyeluruh kepada setiap unsur instansi termasuk didalamnya arahan untuk menekan pencemaran.

Perancangan yang mencakup identifikasi secara menyeluruh mulai dari aspek lingkungan sampai dengan tujuan dan sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Implementasi berupa koordinasi dengan seluruh unsur instansi sampai pada pelaksanaan yang terdokumentasi supaya mudah melakukan perbaikan. Prosedur tersebut menunjukkan sistematika dan teknis ISO 14001 apabila diterapkan dalam sebuah instansi.

Artikel lainnya : Urgensi ISO 20000 Untuk Teknologi Informasi

Pentingnya ISO 14001 Untuk Keberlanjutan Lingkungan

Setelah menjelaskan prosedur dan cara kerja standar ini, maka pembahasan beralih pada urgensi ISO 14001 untuk keberlanjutan lingkungan. Salah satu efek positifnya adalah berkurangnya limbah produksi, bagi badan usaha yang telah menerapkan standar ini akan mengolah limbah terlebih dahulu sebelum dibuang.

Limbah yang dimaksud tidak hanya yang mencemari sungai atau ekosistem air, melainkan juga udara sampai suara. Badan usaha yang sudah menerapkan standar internasional akan mengelola limbah mereka secara lebih profesional dan berstandar internasional. Selain limbah, badan usaha juga mendapatkan manfaat berupa pemahaman penggunaan sumber daya secara lebih efisien.

Sebelum berdampak pada lingkungan, manfaat yang diberikan oleh ISO 14001 ini adalah untuk menunjukkan komitmen instansi dalam menjaga keberlangsungan lingkungan. Instansi juga dapat meminimalisir anggaran seperti biaya sanksi akibat melanggar regulasi tentang lingkungan dan juga biaya insiden lainnya.

Dengan kebijakan ini, menunjukkan bahwa setiap industri telah memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan mempertimbangkan keselarasan kepentingan industri dengan alam. Keberlanjutan lingkungan wajib dijaga untuk masa depan, sebab manusia hidup bukan hanya untuk hari ini dan esok melainkan untuk masa depan.

Kesimpulan

ISO 14001 adalah Sistem Manajemen Lingkungan berstandar internasional oleh Badan Standarisasi Internasional. Standar ini menyalurkan komitmen instansi kepada lingkungan seperti panduan untuk menekan angka pencemaran akibat limbah produksi. Proses panjang dan menyeluruh memberikan hasil berupa pengelolaan limbah oleh instansi dilakukan secara lebih profesional dan teratur.

Terkait dengan manfaat dan kegunaan proses ISO, anda dapat melakukan konsultasi dengan PT Mitra Berdaya Optima. Kami telah mendapatkan sertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sehingga reputasi kami tidak perlu diragukan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *