Birokrasi Digital Makin Prima Dengan Prinsip ISO/IEC 20000

Mitra BerdayaDalam sebuah konstelasi pemerintahan, terdapat sebuah tanggung jawab berupa pelayanan publik bernama birokrasi. Birokrasi menjadi garda terdepan yang menentukan citra pemerintah di mata masyarakat sebab bersinggungan langsung. Untuk memudahkan proses birokrasi, digitalisasi layanan dapat menjadi solusi mempermudah pekerjaan pemerintah. Agar Birokrasi Digital dikelola secara profesional, pemerintah perlu menerapkan ISO/IEC 20000 standar internasional tentang Sistem Manajemen Teknologi Informasi (SMTI).

ISO/IEC 20000 adalah kolaborasi antara Badan Standarisasi Internasional (ISO) dengan Badan Teknik Elektro Internasional (IEC) sebab bersinggungan dengan perangkat digital. Standar ini dapat membantu pemerintah untuk mengoptimalkan pekerjaan mereka dalam memberikan layanan publik.

Artikel lainnya : Prinsip ISO/IEC 20000 Serta Urgensinya!

Teknis dan Cara Kerja ISO/IEC 20000 Dalam Birokrasi Digital

Untuk mengoperasikan layanan digital, perlu sebuah pengelolaan dengan cara profesional salah satunya adalah penerapan prosedur ISO/IEC 20000 ini. Standar prosedur ini mewajibkan sebuah instansi untuk menerapkan sampai dengan mengoptimalkan situs digital mereka.

Cara kerja ISO/IEC 20000 dalam meningkatkan layanan digital adalah dengan cara memberikan syarat-syarat yang harus dipenuh sebuah instansi. Persyaratan tersebut berupa kewajiban untuk memelihara dan memeriksa secara berkala terhadap layanan digital mereka. Pemeliharaan dan pengoptimalan layanan digital juga termasuk pada desain, kemudahan, dan inovasi layanan sehingga dapat memenuhi syarat telah melakukan standar ini.

Poin pemeliharaan dan pengoptimalan berupa sebuah proses pengawasan secara rutin dan konsisten untuk mengetahui perkembangan layanan digital milik perusahaan. Alur yang cukup banyak dan persyaratan yang tidak sedikit menunjukkan bahwa standar prosedur ini dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan birokrasi digital terbaik.

Artikel lainnya : Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Melindungi Keamanan Data

Implementasi Birokrasi Digital Pemerintah Sesuai ISO/IEC 20000

Setelah membahas tentang teknis pelaksanaan Standar Manajemen Teknologi Informasi (SMTI), maka selanjutnya beralih pada contoh lembaga pemerintah yang telah menerapkan standar ISO/IEC 20000 untuk mengoptimalkan layanan digital. Salah satunya adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Ekosistem Data Jabar (EDJ) pada Desember 2022.

EDJ merupakan wadah Pemerintah untuk menunjukkan data-data secara transparan dan memberikan kebebasan bagi setiap warga untuk mengakses data informasi. Selain itu, situs ini juga menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan supaya akurat sesuai dengan data.

Selain Pemprov Jawa Barat, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 20000. DJKI mendapatkan sertifikasi setelah memenuhi standar dalam digitalisasi layanan publik terkait Kekayaan Intelektual (KI), lebih tepatnya adalah pelayanan merek.

Sertifikasi oleh DJKI juga ditujukan supaya mereka dapat memberikan pelayanan digital lebih optimal kepada seluruh masyarakat terlebih di bidang merek. Dapat disimpulkan bahwa sertifikasi ISO/IEC 20000 menjadi piranti perbaikan layanan perusahaan maupun instansi untuk meningkatkan reputasi yang bermula pada peningkatan layanan lebih profesional.

Artikel lainnya : Kenali Lebih Dekat Record Of Processing Activities (ROPA)

Kesimpulan

Birokrasi menjadi penyalur tanggung jawab bagi pemerintah untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Adanya kemajuan teknologi dapat mempermudah pelayanan birokrasi melalui perangkat digital. Untuk memastikan pelayanan birokrasi melalui perangkat digital, maka perlu disesuaikan dengan ISO/IEC 20000 yang menjadi standar internasional tentang Sistem Manajemen Teknologi Informasi (SMTI). Pemprov Jabar dan Kemenkumham telah menerapkan standar tersebut guna memastikan layanan birokrasi mereka prima. 

Selaras dengan pembahasan diatas, Anda dapat melakukan konsultasi dengan kami terkait dengan penerapan prosedur ISO untuk meningkatkan layanan dan reputasi perusahaan anda. PT Mitra Berdaya Optima telah mendapatkan sertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) sehingga Anda dapat mempercayai layanan kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *