ISO 9001:2015

Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001 merupakan sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu oleh International Organization for Standardization (ISO). organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja. Demikian pula, organisasi tersebut juga harus selalu menerapkan peraturan, standar industri, dan praktik terbaik mengenai proses produksi dan hasil.

Manfaat Penerapan ISO 9001

  • Menetapkan standar dan membakukan proses kerja serta penanggung jawabnya.
  • Memastikan standar kerja tetap pada perusahaan, bukan pada individu karyawannya.
  • Mengidentifikasi dan mendorong proses yang lebih efisien dan menghemat waktu
  • Menunjukkan kepatuhan dengan pelanggan, peraturan dan/atau persyaratan lainnya
  • Menetapkan area tanggung jawab di seluruh organisasi
  • Mengkomunikasikan pesan positif kepada staf dan pelanggan
  • Memberikan penilaian dan peningkatan berkelanjutan
  • Meningkatkan pangsa pasar sebagai organisasi bersertifikat
  • Mempertahankan pelanggan yang puas dan mendapatkan pelanggan potensial
  • Mengurangi produk yang ditolak yang mengarah pada peningkatan laba perusahaan